Header Ads

Membuat Sinyal SOS di Gunung




Halo kembali lagi dengan saya Luthfian. Kali ini saya akan membahas bagaimana membuat sinyal SOS di Gunung, selengkapnya kita baca di Jakmountain.

Lalu, apa yang kamu ketahui tentang Gunung?

Pengertian :


Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.

- Didunia ini terdapat gunung-gunung tinggi yang lebih dari 3000MDPL keatas, seperti yang kita ketahui gunung Tertinggi dunia adalah Everest dengan ketinggian 8448 Mdpl di atas permukaan laut, hmm sebenarnya Mauna Kea deh, yaa akan tetapi mauna kea hanya memiliki ketinggian 4000mdpl keatas, karena 6000mdpl nya berada di dasar laut. Sepeti yang kita ketahui. Seven summits Dunua ada beberapa gunung diantara nya :

1. G. Everest
2. G. Aconcagua
3. G. Denali
4. G. Kilimanjaro
5. G. Elbrus
6. G. Vinson Masif
7. G. Jaya wijaya.

Baiklah, sekarang kita akan membahas cra membuat sinyal Sos di gunung.
Perhatikan :

1. Asap
   Dengan asap, kita bisa membuat asap putih dengan membakar dedaunan sekitar atau daun yang hijau, lalu campur air sedikit agar asap putih nya muncul.

2. Pluit
   Suara pluit dapat terdengan sampai radius 1,6 Km, gunakan sandi morse untuk meminta bantua. Kepada tim penyelamat

3. Api
   Buat 3 Api unggun, kasih jarak setiap api unggun sekitar 25 Meter, atau bakar pohon dan beri jarak.

4. Senter
   kedipkan 60x setiap menit, hal ini akan menunjukan bahwa kamu sedang membutuhkan bantuan/pertolongan

5.Kain
   kain yang berwarna kontras akan membuatmu mendapat pertolongan, gunakan cara ini, dengan memasang kain di ujung pohon atay di ranting

2 comments

Unknown said...

Good job

Vindy Putri said...

Baru kali ini aku nemu blog isinya ngulas tentang naik gunung. Ini informatif banget. Lanjutkan ya! Blog kamu unik ;)

Gak cuma suka bolang aja, tapi berbagi informasi bermanfaat.

Powered by Blogger.