Header Ads

Pendakian-ku : Mewujudkan Mimpi di 7 Puncak Jawa Barat

Gunung Ciremai
Gunung tertinggi di Jawa Barat, Mt. Ciremai

Jejak Mountain - Perkenalkan nama saya adalah Luthfian, saya lahir dari Keluarga Sederhana
yang berbahagia, saya dilahirkan di Kota Cianjur. Kota kecil sejuta Cerita
Hobi saya yaitu Basket dan Hiking (Mendaki). Sekarang saya menginjaki di kelas 12 SMK di Cianjur.
Cita-cita saya ingin menjadi Seorang Prajurit TNI.

Hobi
Saya adalah mendaki, dimana saya mendaki bukan hanya sekedar berfoto ria di puncak, ataupun ladang edeilweis, namun saya mendaki juga mendapatkan Ilmu Alam dari berbagai sumber, ya contoh nya : Navigasi Darat, PPGD, Penanganan Hipotermia, Survival, Manajemen Waktu / Perjalanan, Orientasi Medan. semua itu saya dapatkan dari orang orang yang saling share tentang ilmu pengetahuan di gunung.

Apa itu Seven Summits Jawa barat?
Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki alam dan pemandangan yang indah untuk dikunjungi. Bentang alam yang dimiliki Jawa Barat begitu beragam. Terutama pegunungan yang merupakan bagian dari busur kepulauan gunung api aktif dan tidak aktif (Ring Of Fire) yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatra hingga ujung utara Pulau Sulawesi.

Dalam dunia pendakian tentu kita sudah tak asing lagi dengan istilah Seven Summits, yang artinya tujuh puncak tertinggi.
Adalah 7 Gunung dari berbagai daerah di jawa barat hingga disebut Seven Summit Jawa barat, ya jadi sih intinya 7 Gunung Tertinggi dari Jawa barat, yang terdiri dari berbagai gunung di Jawa barat yaiutu :

1. Gunung Ciremai dengan Ketinggian 3078 Mdpl (Kuningan, Jawa barat)
2. Gunung Pangrango dengan Ketinggian 3019 Mdpl (Cianjur, Jawa barat)
3. Gunung Gede dengan Ketinggian 2958 Mdpl (Cianjur, Jawa barat)
4. Gunung Cikuray dengan Ketinggian 2821 Mdpl (Garut, Jawa barat)
5. Gunung Papandayan dengan Ketinggian 2665 Mdpl (Garut, Jawa barat)
6. Gunung Guntur dengan dengan Ketinggian 2249 Mdpl (Garut, Jawa barat)

7. Gunung Salak dengan Ketinggian 2211 Mdpl (Sukaumi, Jawa barat)

ya sama seperti Seven Summit Indonesia serperti :

1. Gunung Jayawijaya dengan Ketinggian 4884 Mdpl (Papua, Indonesia)
2. Gunung Kerinci dengan Ketinggian 3805 Mdpl (Sumatera, Indonesia)
3. Gunung Rinjani dengan Ketinggian 3726 Mdpl (Nusa Tenggara, Indonesia )
4. Gunung Semeru dengan Ketinggian 3676 Mdpl (Pulau Jawa, Indonesia)
5. Gunung Latimojong dengan Ketinggian 3478 Mdpl (Sulawesi, Indonesia)
6. Gunung binaiya dengan dengan Ketinggian 3027 Mdpl (Maluku, Indonesia)
7. Gunung bukit raya dengan Ketinggian 2278 Mdpl (Kalimatan Tengah,  Indonesia)

Cerita Perjalan ku dari Setiap Gunung di Jawa Arat :

1. Mt. Ciremai 3078 Mdpl (Tertinggi Di Jawa Barat)

Pendakian Ke 4, Kali Ini Saya Menginjakan Kaki Di Tanah Tertinggi Jawa Barat, Yaitu Ciremai, Saya Mendaki Via Apuy, Dengan Segudang Panorama Keindahan Alam Disana, Membuat Kami Tidak Lelah Karena Melihat Pemandangan Kota Kuningan Dan Kota Majalengka, Kami Berangkat Dengan 20 Orang Dari Cianjur. Dengan Trak Nanjak Terus Tanpa Datar, Menurut Saya Ini Adalah Gunung Dengan Trak Ter-Edan Di Jawabarat Setelah Pangrango. Pagi Hari Alangkah Indahnya Mendengar Suara Burung Saling Bersahutan, Angin Sepoy Sepoy, Dan Cuaca Yang Cerah, Kami Segera Packing Untuk Summit Ciremai. Melihat Samudera Awan Di Gunung Ciremai, Membuat Kami Terus Bersemangat, Ketika Lelah Menghampiri, Kala Itu Saya Ingin Menyerah Karena Tidak Kuat Dengan Trak Nanjak Nya, Saya Berkata "Luth, Kamu Pasti Bisa" Dengan Yakin Saya Bisa Mewujudkan Menginjakan Kaki Di Tanah Tertinggi Jawa Barat, Akhirnya Saya Bisa Dan Sanggup Mencapai Puncak, Diatas Puncak Ciremai, Saya Sujud Bersyukur Dan Bangga Dengan Diri Saya, Karena Allah Telah Mengizinkan Saya Untuk Menginjakan Kaki Di Tanah Tertinggi Jawa Barat

Mt. Pangrango 3019 Mdpl (Tertingi Ke 2 Jawa Barat)

Pendakian Saya Adalah Ke Gunung Pangrango, Dengan 6 Orang Teman Saya, Dimana Gunung Yang Berdekatan Dengan Gunung Gede, Dengan Ketiggian Nya Yang Mencapai 3019M Membuat Saya Ingin Kesana Lagi. Dengan Track Yang Nanjak Terus, Diwaktu Itu Hujan Mengguyur Pendakian Kami, Dan Terpaksa Semalaman Kami Tidur Di Track Alias Di Jalur Pendakian, Karena Tidak Ada Lahan Luas Untuk Membangun Tenda, Dan Alhamdulilah Semalaman Kami Aman Tidak Ada Gangguan Apa2 Pagi Hari, Kami Berangkat Kembali, Setelah Berjalan 5 Jam Dari Kandang Badak Yaitu Pertigaan Gunung Gede Dan Pangrago. Pada Siang Kami Berhasil Menginjakan Kaki Di Tanah Tertinggi Kedua Di Jawa Barat Alangkah Bangga Nya Berhasil Mengibarkan Bendera Merah Putih Diatas Sana.

Mt. Gede 2958 Mdpl

Pendakian Ke 1, Saya Melihat Sebuah Postingan Di Instagram Bahwa Ada Pendakian Di Gunung Gede Lalu Saya Ikut, Dimana Pada Saat Itu Gunung Pertama Yang Saya Daki, Saya Menelusuri Tentang Info Gunung Gede. Naik Bersama Orang Jakarta, Opentrip Gunung Gede

Mt. Cikuray 2821 Mdpl

Pendakian, Kali Ini Saya Menggapai Puncak Cikuray, Kami Berangkat Ber-4 Dari Cianjur Menggunakan Motor, Kami Menginap Di Teman Komunitas Di Universitas Garut Kami Memulai Perjalanan Pagi Hari Menuju Puncak Cikuray, Awal Perjalanan, Kami Berangkat Dari Uniga, Menuju Ke Jalan Desa Masyarakat Yang Disana Nya Ada Pos Awal Dengan Retribusi Seiklasnya. Setelah Dari Post Awal Permukiman Warga Tadi, Kami Berjalanan Kurang Lebih 10 Km Ke Pos 2 Permukiman Diantara Kebun Teh, Dengan Retribusi 25Rb Per-Orang. Kami Berjalan Mendaki Hingga 6 Jam, Setelah Melewati Banyak Pos Dan Rasa Lelah Cape, Letih Dll, Terbayar Sudah Dengan Keindahan Alam Cikuray, Dengan Ciri Khas Nya Samudera Awan Terindah Di Jawa Barat

Mt. Papandayan 2665 Mdpl

Pendakian Saya Adalah Gunung Papandayan Bersama Komunitas Saya, Dimana Menurut Saya Gunung Terindah Yang Pernah Saya Daki. Dengan Hutan Mati Nya, Yang Dulu Nya Bekas Aliran Lahar Dan Meletus Nya Gunung Papandayan Membuat Lingkungan Sekitar Menjadi Tempat Indah Dengan Ketiggian 2665 Saya Berhasil Mencapai Puncak Nya, Dan Dengan Bangga Saya Mengibarkan Bendera Merah Putih Di Atas Sana..

Mt. Guntur 2249 Mdpl

Pagi Yang Indah, Kami Bertiga Kumpul Di Terminal Rawabango, Pada Pukul 09.00 Sambil Menikmati Hangat Nya Kopi Di Siang Hari Sambil Ditemani Terik Panas Matahari, Selepas Kami Menunggu Bus Di Terminal Sekitar 1 Jam, Akhirnya Sang Bus Karunia Bakti Datang, Selepas Itu Kami Bergegas Mengambil Tas Dan Barang-Barang Untuk Disimpan Di Bagasi Bus. Kami Duduk Dan Bercerita Tentang Guntur Yang Indah Itu, Kala Itu Dingin, Kami Bertiga Tertidur Di Kursi Yang Nyaman. Setelah Melalui Perjalanan Selama 6 Jam Ke Garut, Akhirnya Kami Sampai Di Garut, Kami Bergegas Mengambil Tas Dan Barang Kami Di Bagasi Bus Ini, Kami Turun Lalu Kami Naik Ojek Untuk Ke Basecamp Gunung Guntur, Dengan Membayar 15 Ribu Kami Di Antarkan Sampai Depan Post Gunung Guntur. Membayar Retribusi Seharga 20 Ribu. Pada Saat Itu Kami Bobi, Haris Dan Luthfian Berangkat Bersama Pada Jam 15.00, Melewati Indah Nya Pemandangan. Kami Sampai Di Post 1 Stelah Melewati Perjalanan 2 Jam Dari Basecamp. Waktu Demi Waktu Hari Sudah Mulai Malam Dan Sempat Untuk Menikmati Indahnya Kota Garut Dimalam Hari. Esok Hari, Dipagi Yang Indah, Ditemani Suara Burung Bersahutan. Kami Mulai Mendaki, Dengan Trak Edan (Nanjak) Kami Sampai Di Puncak 1, Dan Alhamdulilah Dengan Bangga Bisa Menggapai Puncak Guntur Sambil Mengibarkan Bendera Merah Putih Di Atas Sana