Header Ads

Struktur Komponen pada Eclipse

Hallo kembali lagi dengan saya, Luthfian di Jejak Mountain
sudah lama saya tidak mem-posting artikel baru :D, berdasarkan artikel ini saya sudah rangkum hasil riset artikel ini dan siap dibagikan untuk teman-teman yamg membutuhkan, yu mari simak !



Struktur Komponen pada Aplikasi Eclipse



  1. Android manifest adalah?apa hubungannya dgn activity.java ?
  2. Apa yang dimaksud dengan layout, terdiri dari layout apa saja, kegunaannya, serta hubungannya dengan value , dan drawable ?
  3. Apa yang dimasud dengan activity.java?kegunaannya, hubungannya dengan layout dan manifest
oke,pasti penasaran kan?.check this out:
  1. Android manifest merupakan sebuah xml yang berisi informasi mengenai aplikasi. Seperti versi aplikasi, nama package, level SDK yang digunakan, beserta icon dan nama yang diberikan untuk aplikasi. Setiap aplikasi adroid memiliki file paling penting yang bernama AdroidManifest.xml.
Setiap manifest mempunyai dua macam versi. Pertama adalah versionCode versi ini harus terus berubah secara incremental, bagian ini sangat penting saat aplikasi di upoload ke Google play. Kedua adalah VersionName. Versi ini adalah versi yang terlihat oleh pengguna.
Kegunaannya sebagai pengatur activity-activity yang terdapat pada aplikasi, berupa daftar kelas-kelas java (pada manifest itu sendiri), penggunaan intent untuk pemilihan, dan pemberian label/title (pada layout) ketika suatu activity sedang aktif.
Hubungan manifest dengan layout adalah sebagai tempat mendaftarkan komponen atau bagian apa saja yang ada di tampilan atau layout, Contoh
Hubungan manifest dengan kelas java adalah

  1. Layout secara sederhana bisa diartikan sebagai tempat yang bertanggung jawab atas tampilan interface.
Layout terdiri dari:
  • Linear Layout adalah layout yang menggabungkan view dalam satu urutan secara vertikal atau horiziontal. Linear layout dibuat dengan elemen xlm <Linear layout>. Urutan dari LinearLayout didefinisikan pada atribut android:orientation dengan value vaertical atau horizontal.
  • Relative Layout adalah layout yang menyususn view-view didalamnya sebagai view anak secara relatif. Penyusunan view-view anak dilakukan secara relatif terhadap sesam view anak atau relatif terhadap view induk. Relatif Layout lebih fleksible digunakan untuk membuat halaman user interface dibandingkan dengan Linear Layout.
Kegunaan Layout adalah menyimpan, merancang file-file layout yang berhungan dengan user interface.
Hubungan Layout dengan value(color, string, style) , dan drawable (untuk gambar), string activity, mendaftarkan objek mirip dengan deklarasi khas pada HTML
Style (gaya) memperindah.
Hubungan Layout dengan Activity Java , membuat event pada layout.
Hubungan Layout dengan manifest mengatur activity pada layout, membuat daftar manifest.
  1. Java adalah suatu halaman pada pengembangan android yang mengatur suatu komponen tampilan (layout.xml) dan user interaksi atau logic antar komponen (program.java) agar dapat menghubungkan antara activity satu dengan activity lainya didalam aplikasi android. Activity dapat memuat banyak action dari pengguna.

Kegunaan Activity.java, kelas yang menghandle (menangani) user atau layout interface (user interface).

No comments

Powered by Blogger.